Skenario Kongres PSSI


Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menetapkan pelaksanaan Kongres Pemilihan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI 2011-20115 yang meliputi ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota Exco pada 29 April mendatang. Terlebih dulu, PSSI akan menggelar kongres guna memilih anggota Komite Pemilihan dan Komite Banding pada 26 Maret mendatang.

Tim perumus yang diketuai Ibnu Munzir akan menyusun draf peraturan organisasi yang akan digunakan dalam kongres tersebut. Setelah itu, akan ada beberapa tahapan yang akan dilalui hingga kongres pemilihan nanti.

Berikut tahapan-tahapan sebagaimana yang dibeberkan Sekjen PSSI Nugraha Besoes, Kamis (10/3/2011):

9-19 Maret: Tim perumus PSSI bekerja membentuk Peraturan Organisasi (PO) sesuai dengan Statuta PSSI, Statuta FIFA, dan Electoral Code FIFA.

19 Maret: PO akan didistribusikan kepada anggota PSSI pemegang hak pilih dan pemberitahuan adanya kongres pemilihan Komite Pemilihan serta Komite Banding Pemilihan. PO diajukan ke FIFA untuk mendapat persetujuan.

19-23 Maret: Pemilik suara mengajukan nama pencalonan anggota Komite Pemilihan dan Komite Banding.

23 Maret: Pengumuman anggota Komite Banding dan Komite Pemilihan.

26 Maret: Kongres untuk memilih Komite Pemilihan dan Komite Banding. Komite Pemilihan terdiri dari tujuh anggota. Sementara Komite Banding terdiri dari tiga anggota tetap dan dua anggota pengganti. Kedua komite tersebut bertugas menggelar kongres pemilihan ketua umum PSSI pada tanggal 29 April.

29 Maret: Sekretariat jenderal akan mengirimkan formulir kepada pemilik suara untuk mengajukan nama ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota Komite Eksekutif 2011-2015.

6-12 April: Komite Pemilihan akan mengajukan nama-nama yang didaftarkan pemilik suara sekaligus proses verifikasi.

12 April: Pengumuman calon yang lolos verifikasi.

13-15 April: Kesempatan bagi calon yang ingin mengajukan banding atas hasil verifikasi yang dilakukan Komite Pemilihan.

19 April: Pengumuman hasil kerja Komite Banding.

20 April: Pengumuman final nama calon-calon yang akan diusulkan dalam kongres.

29 April: Kongres pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota Exco periode 2011-2015.

0 comments:

Posting Komentar