Indonesia Dikelilingi “RING of FIRE”

Cincin Api Pasifik atau Lingkaran Api Pasifik (bahasa Inggris : Ring of Fire) adalah daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km. Daerah ini juga sering disebut sebagai sabuk gempa Pasifik.

Sekitar 90% dari gempa bumi yang terjadi dan 81% dari gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang Cincin Api ini. Daerah gempa berikutnya (5–6% dari seluruh gempa dan 17% dari gempa terbesar) adalah sabuk Alpide yang membentang dari Jawa ke Sumatra, Himalaya, Mediterania hingga ke Atlantika.




PETA GEMPA SULAWESI , SEPTEMBER 2018

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah gunung api terbanyak di dunia karena Indonesia merupakan negara yang dilalui oleh ring of fire dari ujung hingga ke ujung lainnya.
Ring of fire merupakan jalur seismik yang sangat panjang, yang membentang dari tenggara Australia hingga barat daya AS. Pada jalur tersebutlah banyak terjadi aktivitas seismik yang memicu aktivitas gunung api, serta tsunami. Aktivitas seismik adalah bukti adanya deformasi lempeng tektonik, baik sebagai jejak maupun prolog. Ring of fire atau biasa disebut cincin api pasifik terbentuk akibat adanya pergeseran lempeng yang sangat besar.


Di Indonesia, gunung api yang membentuk ring of fire tersebut termasuk dalam 3 jalur pegunungan (sirkum), yaitu sirkum mediterania, sirkum pasifik, dan sirkum lingkar australia.

Sirkum Mediterania
a. Jalur busur dalam (inner arc):
Bersifat vulkanik aktif
Berderet mulai dari Kep.Andaman (barat Sumatera), Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, alor, Wetar sampai Laut Banda.

b. Jalur gunung api busur luar (outer arc)
 Bersifat nonaktif.
Berderet mulai dari P.Simeulue, Nias, Batu, Mentawai, Enggano, pegunungan yang tenggelam dan muncul kembali di Pulau Sawu, Rote, Timor, Leti, Sermata, Buru, dan pulau2 kecil di sekitarnya.

Sirkum Pasifik
Berderet melalui Sulawesi Utara, yaitu G.Lokon, Soputan, Klabat, bersambung ke Kep.Sangir, Talaud, Tidore, Ternate, serta Lampobatang (Sulawesi Selatan).
Sirkum Lingkar Australia
Berderet di bagian ‘ekor’ sampai ‘kepala’ burung Irian dan berakhir di P.Halmahera dan sekitarnya.

sumber

0 comments:

Posting Komentar