Profile Timnas U 23 Garuda Muda


Suksesnya Tim Nasional U-23 melaju ke babak final kemarenu, tidak lepas dari peran dan kontribusi Tim Official Garuda Muda. Tanpa kerja keras semua lini mustahil cita-cita membawa emas dari cabang yang paling digandrungi masyarakat Indonesia ini dapat tercapai. Untuk itu mari kita intip siapa saja mereka yang terlibat dalam Proyek Generasi Emas Garuda Muda :

Profil Lengkap Squad dan Official Timnas Indonesia U-23

Manajer Timnas U-23 : Kol. Inf. Made Agra
Wakil Manajer : Adika Nuraga
Official Timnas U-23 :
• Sekretaris : Arya Abhiseka
• Staff Sekretaris : Andri Paranoan
• Staff Sekretaris : Habibie
• Staff Sekretaris : Faiz Farhan
• Media Officer : Rezha Anggara RY
• Bendahara : Sunarto
• Staff Bendahara : Lamdefil
• Support & Logistic : Llano Mahardika
• Technical Advisor : Alfred Riedl
• Head Coach : Rahmad Darmawan


Rahmad Darmawan merupakan salah satu pelatih lokal paling sukses pada era sekarang ini. Segudang prestasi telah diraihnya bersama klub-klub papan atas Liga Indonesia. Pada tahun 2005, pelatih yang akrab disapa RD ini berhasil membawa Persipura Jayapura meraih gelar juara liga Indonesia.selang setahun kemudian, pelatih yang juga anggota marinir ini menunggangi kursi kepelatihan tim Ibu kota Persija Jakarta. Namun, di Persija RD gagal mempersembahkan gelar untuk tim macan kemayoran.

Pada tahun 2007 pelatih kelahiran Lampung itu bersinggah ke pulau Sumatra, ia diikat kontrak oleh tim asal Palembang Sriwijaya FC selama dua tahun. Di tahun pertamanya, Rahmad langsung berhasil mempersembahkan double winner untuk tim kota pempek tersebut, masing-masing juara Liga Indonesia dan juara Piala Indonesia. Hingga di tahun berikutnya, RD berhasil mempertahankan gelar Piala Indonesia bagi Sriwijaya FC.

Keberhasilan Rahmad Darmawan sebagai pelatih tidak didapatkan begitu saja. Rahmad mempelajari ilmu kepelatihan melalui institut formal dan non formal. Diawali dengan gelar S1 di Fakultas OlahragaKesehatan IKIP Jakarta (sekarang bernama Universitas Negeri Jakarta), Rahmad melanjutkan menimba ilmu kepelatihan dengan mengikuti kursus License AFC tahap A, B , dan C.

Tak puas dengan itu, pada tahun 2003 Rahmad mengikuti Conditioning Coach of football Malaysia. Ditahun selanjutnya Rahmad masih terus mendalami ilmu kepelatihan, tak tanggung-tanggung, ia terbang ke Jerman untuk mengikuti Internasional Coaching Coach. Rahmad juga banyak mendapatkan pengetahuan tambahan dari buku-buku kepelatihan yang dibacanya.

Ternyata semua itu tidak sia-sia. Saat ini Rahmad merupakan sosok pelatih yang sangat dikagumi oleh masyarakat Indonesia berkat segudang prestasi yang telah diraihnya. Di tahun 2011 ini Rahmad dipercaya menunggangi timnas U-23 yang akan berlaga di Sea Games XXVI 11-22 November yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

Profil Rahmad Darmawan

Nama : Rahmad Darmawan
Lahir : Metro, Lampung, 26 November 1966
Istri : Dinda Eti Yuliawati
Anak : 1. Febia Aldina Darmawan (15 tahun); 2. Ravaldi A. Darmawan (10 tahun)

Karier Pelatih:

Asisten Pelatih Timnas Piala Tiger 2002
Pelatih Persikota 2003
Pelatih Persipura 2005
Pelatih Persija 2006
Pelatih Sriwijaya FC 2007
Pelatih Persija 2010
Asisten Pelatih Timnas pra-Piala Dunia 2014
Pelatih Timnas U-23 sekarang
Prestasi:

Juara Liga Indonesia 2005 bersama Persipura
Juara Copa Indonesia 2007, 2008, 2009 bersama Sriwijaya FC
Juara Liga Indonesia 2007 bersama Sriwijaya FC


• Assisten Head Coach : Widodo C. Putro Aji Santoso
• Goal Kepeer Coach : Eddy Harto
• Physical Coach : Satia Bagdja Ijatna
• Dokter : Alex Saefullah
• Nutisions : Erwin Christianto
• Sport Physicology : Nugraha
• Physioterapy : Haris Tabianto
• Masseur : Sudir, Harmun Agussoca, dan Dedy Mulyadi
Kit Man : Dedi Riswanto, Muhammad Ali Sadikin, Mihammad Zakaroni

Kiper :
• Kurnia Meiga


Kurnia Meiga Hermansyah atau yang lebih dikenal denga nama Kurnia Meiga adalah kiper utama Timnas Indonesia U-23 dan kiper no 3 di Timnas Senior setelah Markus dan Ferry Rotinsulu. Kurnia Meiga diyakini akan menjadi Kiper masa depan Indonesia karena umurnya saat ini masih terbilang muda yakni 20 tahun. Kurnia adalah adik kandung dari Achmad Kurniawan penjaga gawang dari Semen Padang. Kurnia berposisi sebagai penjaga gawang. Pada Kompetisi 2008/2009 ia mendapatkan sanksi 12 bulan dan denda 30 juta dari Komdis PSSI, namun dipotong menjadi 5 bulan dan denda 30 juta oleh Komding. karena terkait kerusuhan saat melawan Bontang PKT. Di Kompetisi ISL II 2009/2010, ia dinobatkan sebagai pemain terbaik menyisihkan nama-nama seperti Aldo Bareto, Christian Gonzalez, dan Ricardo Salampessy.
Nama lengkap Kurnia Meiga Hermansyah
Tanggal lahir 7 Mei 1990 (umur 20)
Tempat lahir Jakarta, Indonesia
Tinggi 1.84 m (6 ft 0 in)
Posisi bermain Penjaga gawang

Informasi klub

Klub saat ini Arema Indonesia
Nomor 1

Perjalanan karier

Klub
* PS Urakan
* Diklat Ragunan
* Persijap U-18
* Persijap U-23
* Arema Indonesia

Tim nasional
* Indonesia U-19 (2008)
* Indonesia U-21 (2008)
* Indonesia U-23 (2009)

Gelar
* Juara Liga Super Indonesia 2009/2010 bersama Arema Indonesia
* Pemain Terbaik Liga Super Indonesia 2009/2010
* Runner up Piala Indonesia 2010


• Andritany Ardhiyasa (Persija)






Belakang :
• Gunawan Dwi Cahyo (Sriwijaya FC)


Gunawan dwi cahyo adalah sosok pemain belakang yang pas di duetkan dengan abdulrahman. Sosoknya yang lugas dan tanpa kompromi membuat lini belakang timnas U-23 menjadi sangat solid. Sampai saat ini pun timnas baru kebobolan 1 gol, itu pun hanya lewat penalti.

Nama Lengkap : Gunawan Dwi Cahyo
Tanggal Lahir : 20 Apr 1989 (Usia 22)
Tempat Lahir : Jepara
Negara : Indonesia
Tinggi Badan : 185 cm.
Berat Badan : 78 Kg.
Posisi : Bek


• Septia Hadi (Sriwijaya FC)


SEPTIA HADI
Nomor Punggung : 26
Tanggal Lahir : 26/09/1991
Tinggi / Berat :
Klub sebelumnya : PSPS



• Diego Michiels (Pelita Jaya)


Diego Michels lahir di Deventer 8 Agustus 1990. Masuk skuad Go Ahead Eagles di divisi dua (eerstedivisie) sejak musim kompetisi 2009/2010. Diego meniti karir bola di klub amatir, dvv RDC Deventer, kemudian direkrut Go Ahead Eagles untuk tim junior. Diego Michiels merupakan pemain naturalisasi asal Belanda, yang berjuang untuk dapat masuk daftar pemain inti Timnas U23 yang akan diterjunkan ke SEA Games XXVI/2011, 11-22 November 2011.
Di antara para pemain U23, Diego Michiels cepat menyesuaikan dan tidak ada masalah dengan pemain lainnya. Ia juga baik, meski masih belum bisa menyesuaikan makanan dan berbahasa Indonesia, itu bukan kendala baginya. Diego Michiels mempunyai postur tubuh yang cukup ideal sebagai pemain belakang Timnas, yakni 180 centimeter. Kemampuan Diego dalam membantu serangan juga cukup mumpuni, dan hal tersebut dibuktikan ketika memberikan assist kepada Titus Bonay dalam pertandingan uji coba menghadapi Persiba Bantul.
Diego Michiels yang memiliki tatto di sejumlah bagian tubuhnya juga tampil cukup stabil, ketika Rahmad Darmawan mereposisi Diego sebagai bek kiri maupun bek tengah, bahkan sebagai seorang gelandang bertahan.


• Yericho Cristiantoko (CS Vise, Belgia)





• Hasyim Kipuw (Persija)




• Abdulrahman (Semen Padang)


Abdul Rahaman adalah salah satu sosok bek tangguh masa depan Indonesia. Pemain kelahiran Makassar, 14 Mei 1988 ini memeliki tubuh cukup tingi untuk ukuran pemain Indonesia, yaitu 176 cm dan berat 72 kg. Namanya juga termasuk dalam 46 pemain muda yang ikut seleksi Timnas U-23 proyeksi SEA Games 2011. Abdul Rahman pada musim lalu memperkuat Pelita Jaya Karawang. Sebelum bergabung di Pelita Jaya, Abdul Rahman tiga musim berkostum Persita Tangerang.
Jika telah bergabung bersama skuad Kabau Sirah nanti, Abdul Rahman dianggap sosok yang cukup pantas menggantikan posisi Park Chul Hyung seandainya kebijakan pengurangan kuota pemain asing jadi di berlakukan. Bersama David Pagbe, Syafrudin dan Fauzan Jamal diharapkan Abdul Rahman mampu menjadi palang pintu yang tangguh untuk Semen Padang FC. Dia pun menjadi sosok pemain belakang yang pas, dengan tinggi badan yang menjulang membuat dia selalu unggul dalam duel udara. Indonesia belum punya pemain belakang yang tinggi dan solid seperti dia.



Gelandang :
• Andik Vermansyah (Persebaya 1927)


Andik Vermansyah. Bagi masyarakat Surabaya khususnya Bonek Mania pasti sudah tahu nama Andik Vermansyah, yang merupakan pemain muda kebanggaan Klub Persebaya tersebut. Andik Vermansyah adalah pemain yang berposisi sebagai Gelandang, meski tubuhnya terbilang kecil namun ia memiliki kecepatan, dan Skill diatas rata-rata, yang membuat dirinya selalu menjadi momok menakutkan bagi bek lawan. Pelatih Timnas Indonesia U-23 Rahmat Darmawan memasukan namanya dalam Skuad Merah Putih di SEA Games 2011, karena penampilan konsistennya bersama Klub Persebaya 1927. Bahkan Andik Vermansyah dijuluki sebagai Messi-nya Indonesia. Mungkin sangat berlebihan tapi skill dan kecepatannya membuat ia mendapat julukan itu. Akan tetapi, sebenarnya dia adalah seorang yang mengidolakan Cristiano Ronaldo.
Nama Lengkap : Andik Vermansyah
Tempat Lahir : Jember
Tanggal Lahir : 23-11-1991
Tinggi : 162 cm
Kebangsaan : Indonesia
Posisi : Gelandang
Bermain di Klub : Persebaya

Prestasi :

- 2008 Perunggu POM ASEAN (Timnas Mahasiswa)
- 2008 Emas PON XVII Kaltim (Jatim)
- 2007 Emas Porprov I (Kota Surabaya)
- 2007 Juara Liga Remaja Regional Jatim (Persebaya U-18

Dia adalah salah satu wonderkids di permainan Football Managaer 2012.


• Egi Melgiansyah (Pelita Jaya)


Egi Melgiansyah adalah gelandang muda Indonesia yang bermain di klub Pelita Jaya sejak junior. Bakatnya diakui hingga selalu masuk dalam hampir semua jenjang timnas Indonesia: U-14, U-15, U-19, dan U-23.

Profil Egi Melgiansyah
Nama Lengkap: Egi Melgiansyah
Tanggal Lahir: 4 Sep 1990
Tempat Lahir: Bogor
Tinggi Badan: 167 cm
Berat Badan: 63 Kg
Posisi: Gelandang
Posturnya yang tidak terlalu ideal, tidak membuat Egi kehilangan potensi. Karakter lugas dan taktis membuatnya bakal menjadi salah satu gelandang andalan timnas Indonesia. Egi Melgiansyah merupakan adik kandung Maman, gelandang mungil yang juga sempat berseragam tim nasional (Sea Games 2001).

Perjalanan Karir Egi Melgiansyah
2001-2003: SSB Pelita Bakrie
2004: Pelita Junior, Asiop
2005: Persita Junior
2006-sekarang: Pelita Jaya

KARIR di TIMNAS
2003: Timnas U-14 AFF Championship Thailand
2005: Timnas U-15 Piala Pelajar Asia Malaysia
2006: Piala Pelajar Asia Thailand & AFF Championship Thailand
2007: Timnas U-19 Pra Piala Asia Vietnam
2011: Timnas U-23


• Mahadirga Lasut (Persija)


Mahadirga Lasut masuk dalam skuad timnas U-23 asuhan Rahmad Daramawan. Karena, dalam Sriwijaya FC, dia bermain sangat baik menggantikan posisi Ponaryo Astaman. Sayangnya dia cedera menjelang seagames kali ini yang membuat permainannya kurang efisien.

Nama: Mahardiga Maranando Lasut
Tanggal lahir: 17 Agustus 1988
Umur: 23 tahun
Tempat lahir: Manado, Sulawesi Utara
Tinggi: 173 cm
Posisi: Gelandang
Klub sebelumnya: Sriwijaya FC


• Stevie Bonsapia (Persipura)


Stevie Glory Melianus Bonsapia (lahir 1988/5/10 di Indonesia) adalah pemain sepak bola Indonesia yang bermain sebagai defender untuk bahasa Indonesia klub Liga Indonesia Persipura Jayapura. Proyeksi pemain timnas U-23 yang rajin menyerang dan bertahan.
Nama Lengkap : Stevie G M Bonsapia
Tanggal Lahir : 10 Mei 1988 (Usia 23)
Negara : Indonesia
Tinggi Badan : 167 cm.
Berat Badan : 62 Kg.
Peranan : Bek Kanan / Sayap Kanan


• Oktovianus Maniani (Sriwijaya FC)


Oktavianus Maniani pria kelahiran Jayapura 25 Oktober 1990. Okto begitulah sapaan akrabnya. Memiliki kecepatan dan daya gedor yang tinggi membuatnya jadi pemain ancaman bagi bek lawan. Pemain yang merupakan alumni PON Papua 2008 ini memiliki jam terbang cukup tinggi di dunia sepakbola. Terbukti saat usianya menginjak 15 tahun ia telah bergabung dengan Persipura U-18 dan Persipura U-21. Bahkan infonya sejak usia 14 tahun, dia sudah ikut membela timnas U-17 era kepelatihanAji Santoso. Okto mengalami kenaikan karier yang baik saat ia berada di tangan pelatih Aji Santoso.

Aji Santoso membentuknya sebagai pemain sayap kiri yang mengandalkan kecepatan dan akselerasi, baik dengan atau tanpa bola. Okto sempat membela Persidafon saat masih dibesut Fredy Mulli, namun karena kerap mangkir latihan membuat dirinya harus hengkang dari Persidafon. Setelah keluar dari Persidafon Okto mendapat tempat di skuad Persitara, namun klub yang dibelanya itu harus terdegradasi dari Indonesian Super League.

Klub besar asal kota Palembang Sriwijaya FC melirik bakat luar biasa yang dimiliki Okto, akhirnya ia pun berlabuh diklub kota pempek tersebut. Dari sinilah jasa Okto mulai terpakai untuk membela Timnas Indonesia. Berkat penampilannya yang apik bersama Sriwijaya Alfred Riedl memanggilnya untuk mengisi skuad ‘Merah Putih, di ajang Piala AFF 2010. Okto berhasil mengantarkan Timnas hingga partai puncak Piala AFF 2010, meski akhirnya Indonesia hanya berada di peringkat kedua pada ajang tersebut.

Pada tahun 2011 ini, Rahmad Darmawan kembali memakai jasa Okto, kali ini untuk memperkuat timnas U-23 pada Sea Games XXVI. Di Timnas U-23 Okto dipasangkan dengan rekan rekan nya asal Papua yakni Titus Bonai dan Patrich Wanggai. Trio asal bumi Papua ini mampu menjadi pemain kunci serangan timnas U-23 saat ini. Terbukti sebelas gol telah diciptakan timnas Indonesia dari tiga pertandingan Sea Games yang telah bergulir sejauh ini.

Karier klub :

Persipura U-15 (1991—1999)
Persipura U-18 (2002—2003)
Persipura U-23 (2003—2004)
Porseni (2005)
PON Kaltim (2008)
PSMS Medan (2008—2009)
Persitara Jakarta Utara (2010)
Sriwijaya FC (2010—2011)
Karir Timnas :

Timnas Indonesia U-17
Timnas Indonesia U-18
Timnas Indonesia U-23
Timnas Indonesia Senior 2010


• Hendro Siswanto (Persela Lamongan)





Stiker :
• Ferdinand Sinaga (Semen Padang)




• Titus Bonai (Persipura)


Penyerang mutiara hitam asal Papua ini memiliki nama lengkap Titus Jhon Londouw Bonai. Pria kelahiran Jayapura Papua tanggal 4 Maret 1989 ini mengawali karir bersama skuad muda Persipura U-23 pada tahun 2008. Suami dari Novalia Metiaman ini juga sempat membela PKT Bontang (sekarang Bontang FC) dan Persiram Raja Ampat sebelum akhirnya kembali ke Jayapura untuk memperkuat tim asal nya yaitu Persipura Jayapura pada tahun 2010.

Memiliki kecepatan, Insting mencetak gol yang bagus, dan Skill individu diatas rata-rata, membuatnya di gadang-gadang akan menjadi calon pemain bintang Indonesia di masa depan. Ciri khas dari pemain ini adalah memiliki gaya rambut yang unik yang jarang dimiliki orang Indonesia. Selain itu, kebiasaannya yang paling sering ia lakukan adalah menggoyang goyang jaring gawang lawan saat tim yang ia bela mendapat tendangan pojok, dua ciri khas itulah yang membuat ia menjadi sosok yang sangat mudah diingat oleh seluruh penonoton sepakbola Indonesia.

Kali ini Titus Bonai menjadi pemain kepercayaan Rahmad Darmawan sebagai penyerang Timnas Indonesia U-23 di ajang sea games XXVI. Kemampuan mengolah bola dan mengoyak pertahanan lawan menjadikannya sebagai pemain yang patut diwaspadai pemain belakang lawan. Posisi nya sebagai striker utama ‘Garuda Muda’ mebuatnya leluasa mengeluarkan semua kemempuan yang ia miliki, tiga gol telah ia torehkan untuk Indonesia pada Sea Games kali ini.
Profil Dan Biodata Lengkap Titus Bonai “Tibo”

Nama Lengkap : Titus Jhon Londouw Bonai
Tempat Lahir : Jayapura Papua
Tanggal Lahir : 4 Maret 1989
Istri : Novalia Metiana

Posisi : Striker
Bermain di Klub : Persipura

Perjalanan Karir

Tahun 2008 Persipura U-21
Tahun 2008 – 2009 PKT Bontang
Tahun 2009 Persiram (Liga Joss Indonesia)
Tahun 2009 – 2010 Persiram
Tahun 2010 Persipura (Sekarang)
Tahun 2011 di Sea Games XXVI Tibo masuk Squad inti Timnas U-23


• Yongky Aribowo (Arema Indonesia)





• Patrich Wanggai (Persidafon Dafonsoro)


Patrich Steve Wanggai begitulah nama lengkap putra Indonesia asal Papua itu. Pemain yang karab dengan sapaan Wanggai ini menjadi salah satu pemain menonjol di skuad timnas U-23 Indonesia yang berlaga di Sea Games 2011. Kemampuannnya mengolah si kulit bundar serta ketenangan dalam penyelesaian akhir membuatnya menjadi top scorer di skuad Garuda Muda saat ini.

Empat gol yang ia sumbangkan untuk Timnas di Sea Games XXVI Tahun 2011 dan sembilan gol pada saat uji coba timnas pra Sea Games XXVI membuktikan bahwa ia merupakan salah satu talenta terbaik masa depan yang dimiliki Indonesia. Kepala plontos dan memiliki wajah mirip dengan striker Chelsea berdarah Prancis, Nicolas Anelka, membuatnya dijuluki sebagai ‘Anelkanya Indonesia’ oleh rekan rekan di Tim Nas U-23. Tak jarang ia juga melakukan selebrasi ala Anelka ketika Wanggai berhasil menjebol gawang lawan.

Biodata:

Nama lengkap : Patrich Steve Wanggai
Nama panggilan : Pai
TTL : Nabire, 27 Juni 1988
Posisi : Striker
Klub : Persidafon
Orangtua : (Alm) Benyamin Wanggai dan Ita Marini
Makanan kesukaan : Sayur Kangkung, Tempe Goreng, Bebek Goreng, Lele


Karir:

PS Hasrat Abadi Nabire
Sumber Mas FC Nabire
PS Unipa Persewon Wondama
Tahun 2005 – 2006 PON Papua Barat
Tahun 2008 Perseman Manokwari
Tahun 2009 – Sekarang Persidafon
Tahun 2011 di Sea Games XXVI masuk Squad inti Timnas U-23


• Lucas Mandowen (Persipura)




• Ramdhani Lestaluhu (Persija)


Profil Dan Biodata Lengkap Ramdani Lestaluhu

Nama Lengkap : Rizki Ramdani Lestaluhu
Tempat Lahir : Tulehu
Tanggal Lahir : 11-05-1991
Kebangsaan : Indonesia
Posisi : Gelandang
Bermain di Klub : Persija

Perjalanan Karir Ramdhani Lestaluhu

Saat ini menjadi idola baru Macan Kemayoran Persija Jakarta, Ramdhani juga pernah mencicipi kostum timnas Indonesia U-17 dan U-19.



Dengan komposisi Tim yang solid dan melihat penampilan Garuda Muda di babak penyisihan, kita semua berharap cabang sepakbola bisa memberikan emas untuk bangsa Indonesia. Mari kita do’akan bersama agar harapan ini dapat terwujud… Ayo Indonesia Bisa !

sumber
sumber

0 comments:

Posting Komentar