Perjalanan ke Final Sea Games 2011 Garuda Muda


Senin (21/11) malam nanti, akan berlangsung pertandingan final cabang sepakbola pesta olahraga terbesar Asia Tenggara, Sea Games XXVI 2011. Pertandingan ini mempertemukan dua musuh bebuyutan, Indonesia versus Malaysia.
Untuk Indonesia ini yang pertama setelah 14 tahun tak pernah masuk final sepakbola Sea Games. Terakhir Indonesia tampil di final sepakbola Sea Games pada 1997 di Jakarta.
Bagaimana perjalanan tim nasional Indonesia sampai ke babak final?
Berikut rekam jejak tim nasional Indonesia u-23 yang tergabung dalam group A cabang sepakbola Sea Games XXVI 2011:


7 November 2011
Indonesia mengawali pertandingan dengan hasil gemilang. Menang 6-0 atas Kamboja.
Empat gol kemenangan tim "Garuda Muda" dicetak di babak pertama melalui Patrick Wanggai (dua gol, di menit 30 dan menit 41), Titus Bonai menit 27, Gunawan Dwi Cahyo menit 35.
Memasuki babak kedua, tim besutan Rahmad Darmawan semakin mengganas. Dan berhasil menambahkan dua gol kemenangan melalui dua pemain pengganti, Andik Vermansyah di menit 80 dan Ramdhani Lestaluhu di menit 85.

11 November 2011
Tim garuda muda kembali menerkam mangsanya, tim negeri singa, Singapura dengan skor 2-0.
Indonesia unggul cepat atas Singapura setelah Wanggai menjebol gawang Singapura saat pertandingan baru berjalan satu menit. Sementara gol kedua tercipta di menit 37 lewat aksi individu Titus Bonai.
Dengan Singapura hanya diperkuat 10 pemain sejak pertengahan babak pertama, Indonesia sesungguhnya punya banyak peluang menambah keunggulan. Namun hingga laga berakir papan skor masih bertahan di angka 2-0.

13 November 2011
Pada pertandingan ketiga group A, anak-anak asuhan Rahmad Darmawan tetap meraih poin penuh setelah menundukkan kesebelasan negeri gajah putih, Thailand, dengan skor 3-1.
Gol kemenangan skuad muda Garuda dicetak oleh Titus Bonai, Patrich Wanggai dan Ferdinan Sinaga. Sementara itu satu gol Thailand dicetak oleh Ronnachai Rangsiyo, melalui titik penalti.
Thailand pada pertandingan ini harus kehilangan dua pemainnya akibat melanggar pemain Indonesia, Andik Vermansyah, masing-masing pada babak pertama dan kedua.
Timpang akibat tidak seimbangnya jumlah pemain, Indonesia berhasil mendominasi jalannya pertandingan.
Sayangnya beberapa peluang emas gagal menambah perbendaharaan gol Indonesia. Dengan hasil ini Indonesia memastikan satu tiket ke babak semifinal dengan poin sembilan dari tiga pertandingan.

17 November 2011
Indonesia vs Malaysia merupakan laga pemungkas babak penyisihan grup A. Indonesia yang sudah memastikan merebut satu tiket semifinal turun dengan tim lapis kedua dan kalah tipis 1-0.

19 November 2011
Indonesia akhirnya melaju ke final setelah berhasil memukul Vietnam 2-0 lewat gol duo Papua, Patrich Wanggai dan Titus Bonai. Gol pertama Indonesia terjadi pada menit 61 setelah tendangan bebas Patrich Wanggai berhasil menjebol gawang Vietnam.
Indonesia menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit 89 lewat aksi cantik Tibo. Tendangan keras kaki kiri Tibo berhasil mengenai pemain bertahan Vietnam dan sukses mengecoh kiper Tran Buu Ngoc.

Final Sepak Bola Sea Games 2011 akhirnya mempertemukan kembali Indonesia vs Malaysia. Malaysia yang berstatus juara bertahan melaju ke babak puncak setelah menang tipis 1-0 atas Myanmar di semifinal.
Ini adalah kesempatan timnas Indonesia untuk meraih medali emas sepakbola SEA Games setelah terakhir kali diraih 20 tahun silam (SEA Games 1991).
Pertandingan final dijamin akan berlangsung alot dan seru. Indonesia yang kerap kali menuai kekalahan dari Malaysia di berbagai turnamen internasional memiliki ambisi untuk membalik keadaan.
Indonesia empat kali menjadi tuan rumah SEA Games (1979, 1987, 1997, 2011). Di empat kali menjadi tuan rumah itu, cabang olahraga sepakbola selalu melaju ke partai final. Menariknya, tiga dari empat kali lolos ke final tersebut Indonesia selalu bertemu Malaysia. Hanya di SEA Games 1997 di babak puncak Indonesia ketemu Thailand dan kalah lewat drama adu penalti.
Siapa yang akan menjadi pemenang? Jawabannya akan kita saksikan malam nanti di Stadion Utama Gelora Bung Karno yang ditayangkan langsung oleh RCTI pukul 19.30 WIB.

Sumber

0 comments:

Posting Komentar